Pemberdayaan Tenaga Pendidik

By Admin 02 Jan 2018, 18:06:02 WIB Yayasan
Pemberdayaan Tenaga Pendidik

Menindak lanjuti hasil rapat koordinasi dengan Kepala Unit Pendidikan tanggal 11 Februari 2015 tentang pemberdayaan tenaga pendidik, dengan ini kami sampaikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Setiap guru sertifikasi berkewajiban membuat dan menanda tangani pakta integritas, komitmen, dan loyalitas diatas kertas bermeterai Rp.6.000,- yang diketahui oleh Kepala Sekolah/ Madrasah disahkan oleh Direktur Umum Pendidikan, sebagaimana format terlampir.
  2. Pakta integritas, komitmen, dan loyalitas sebagaimana point 1, dibuat rangkap tiga, lembar 1 untuk guru yang bersangkutan, lembar 2 diserahkan kepada Kepala Sekolah/ Madrasah, dan lembar 3 kepada Direktur Umum Pendidikan .
  3. Kepala Sekolah/ Madrasah dimohon memberikan arahan dalam pengisian pakta no 5 (huruf a,b,c,d, dan seterusnya) agar guru yang bersangkutan dapat mengembangkan kreativitas, inovasi sesuai kompetensi khususnya yang memiliki relaevansi dengan program kegiatan Sekolah/ Madrasah.
  4. Guna memberdayakan dan mengefektifkan peran setiap guru sertifikasi, Kepala Sekolah/ Madrasah berkewajiban membentuk POKJA (Kelompok Kerja) sesuai jenis program kegiatan Sekolah/ Madrasah, selanjutnya guru sertifikasi tersebut dilibatkan dan ditugasi untuk ikut melaksanakan program kegiatan dalam POKJA tetrsebut sesuai kompetensinya.
  5. Disamping POKJA-POKJA lain yang telah terbentuk, ditekankan POKJA Program kegiatan ciri khas dan Program unggulan, keduanya dibentuk POKJA tersendiri, agar terbentuk POKJA khusus yang benar-benar bertanggung jawab dan melaksanakan secara optimal.
  6. Maksud dan tujuan dibentuknya POKJA diantaranya adalah:
  7. Membantu tercapainya tujuan lembaga pendidikan.
  8. Memberdayakan dan mengefektivkan tenaga pendidik.
  9. Meringankan beban tugas dan tanggung jawab pimpinan sekolah/ madrasah.
  10. Berdasarkan maksud dan tujuan tersebut, diharapkan adanya kesamaan persepsi semua pihak bahwa dengan dibentuknya POKJA-POKJA tersebut bukan merupakan tambahan beban tugas unit, justru sebaliknya merupakan langkah menciptakan efektivas kerja guna meningkatkan produktivitas kerja.
  11. Disamping pemberdayaan dan pengefektivan guru sertifikasi secara khusus, Kepala Sekolah/ Madrasah berkewajiban memberdayakan dan mengefektivkan dewan guru non sertifikasi lainnya sesuai kompetensi yang dilimilikinya.
  12. Pemberdayaan dan pengefektivan guru sertifikasi maupun non sertifikasi, selain dilibatkan dalam POKJA maupun tugas individu lainnya, juga diperlukan kepiawian melalui pendekatan individual guna menciptakan kultur lembaga pendidikan yang dijiwai kerja sama, kekeluargaan, keharmonisan, dan terciptanya iklim yang sejuk.
  13. Kepala Sekolah/ Madrasah bersama pimpinan lainnya, dimohon memonitoring, mengevaluasi secara rutin, yang selanjutnya akan dijadikan sebagai bahan dalam pengambilan keputusan selanjutnya baik di tingkat sekolah/ madrasah maupun di tingkat Yayasan. 
  14. POKJA-POKJA yang telah dibentuk, dimasukkan dalam struktur organisasi sekolah/ madrasah. Oleh karena sebagai konsekuensinya struktur organisasi sekolah/ madrasah beserta kelengkapan personalianya mulai Semester Genap 2014-2015 disesuaikan sebagaimana contoh terlampir.
  15. Pakta Integritas guru sertifikasi dan perubahan struktur organisasi sekolah/ madrasah diserahkan pada Sekretariat Yayasan selambat-lambatnya 28 Februari 2015.

Demikian edaran yang kami sampaikan agar dapat dipedomani dan ditindaklanjuti sebagaimana ketentuan tersebut.

Atas perhatiannya kami sampaikan banyak terima kasih.

Wassalamu’alaikum wr. wb.

Yayasan Walisongo Pecangaan

Direktur Umum,

 

H. M. Nasucha Durri, S.E., M.Pd.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

JEPARA Prakiraan Cuaca

Online Support (Chat)

ahmadsholik


Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Siapakah Calon Walikota dan Wakil Walikota Padang Favorit Anda?
  Mahyeldi Ansyarullah - Emzalmi
  Robby Prihandaya - Dewi Safitri
  Tommy Utama - Laura Hikmah
  Willy Fernando - Vicky Armita
  Laura Himah i Nisaa - Safaruddin

Komentar Terakhir

  • Tommy Utama

    Para pengunjuk rasa membawa bendera-bendera Palestina dan foro-foto pemimpin tertinggi ...

    View Article
  • Rizal Faizal

    asyik aja dehh... ...

    View Article
  • Udin Sedunia

    hm... kae.x perlu juga ne bantuan dari para konselor...:) ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video